«

»

Apr 17

Pekan Hijau (street urban farming)

image

Pekan Hijau merupakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh Makassar Berkebun dalam rangka Hari Bumi tanggal 22 April 2012. Lokasi kegiatan dilaksanakan pada median dan tepi jalan Kawasan Metropolitan Mamminasata (meliputi Jalan AP. Pettarani, kota Makassar dan Jalan Tun Abdul Razak, kabupaten Gowa).

Aksi penanaman pohon di ruang publik telah sering dilaksanakan oleh pemerintah, swasta dan organisasi-organisasi masyarakat. Menurut pengamatan kami, sebagian besar median dan tepi jalan di kota Makassar telah disentuh oleh kegiatan penanaman pohon. Sehingga ruang kosong amat sulit ditemukan. Berdasarkan hal inilah, kami memutuskan untuk fokus pada kegiatan perawatan pohon. Kegiatannya antara lain : pencabutan paku di batang pohon, pembersihan median jalan, dan penggantian pohon yang telah mati dengan bibit pohon yang baru.

Komunitas dan organisasi yang akan menghadiri kegiatan PEKAN HIJAU antara lain : Earth Hour Makassar, Komunitas Blogger Anging Mammiri, Gerakan Makassar Tidak Kasar, KPAJ Makassar, Milanisti Indonesia Sezione Makassar, Kompas Muda Makassar, SD BUKIT BARUGA Makassar, dan Gafatar.

RUNDOWN #PEKANHIJAU MAKASSAR BERKEBUN

Sabtu, 14 April 2012, pukul 06.00 WITA: packing bibit yang akan dibagikan pada hari H, bertempat di kebun #2 Makassar Berkebun, Jalan Bonto Makkio No 22. Lokasi selengkapnya bisa dilihat di peta

Minggu, 15 April 2012, pukul 06.00 WITA: aksi cabut paku pada pohon di sepanjang separator Jalan A. P. Pettarani. Dimohon teman-teman untuk membawa peralatan seperti tang, palu, ember, dsbnya.

Rabu-Kamis, 18-19 April 2012, pukul 15.00 WITA: aksi bersih pohon di sepanjang Jalan Hertasning Baru.

Jumat-Sabtu, 20-21 April 2012, pukul 15.00: finishing pemaketan bibit yang akan dibagi pada hari H di kebun #2.

Pada hari H, Minggu 22 April 2012, kita memiliki tiga agenda penting pada hari itu:

Pukul 06.00-08.30 WITA, pembagian bibit yang telah disiapkan sebelumnya, bertempat di Anjungan Pantai Losari.

Pukul 09.00-11.00 WITA, aksi bersih kota di sekitar pelaksanaan Car Free Day di Anjungan Pantai Losari. Diharapkan teman-teman membawa kantong plastik atau kantong mayat dari rumah.

Pukul 15.00 WITA, penanaman bibit pohon pengganti di sepanjang separator/tepi Jalan Hertasning Baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>