»

Nov 11

Makassar Mari Berkebun

Makassar adalah kota yang sedang berkembang ditinjau dari semua aspek mulai dari aspek perekonomiannya, perdagangan, pertanian dan lain lain. Berbagai isu go green digalakkan demi menciptakan Makassar yang hijau. Solusi penghijauan merupakan akibat global warming yang semakin parah membuat masyarakat tidak dapat berpangku tangan dan mengharapkan pemerintah saja yang berperan untuk mengatasi isu lingkungan ini. isu go green tidak hanya muncul di artikel arsitektur sebagai solusi bangunan yang ramah lingkungan tetapi pemerintah mulai memunculkan isu ini sebagai solusi untuk memperbaiki lingkungan kota yang semakin padat penduduknya berikut kendaraan pribadi yang menghasilkan polusi.

Kota Makassar sendiri mulai dipadati penduduk dari berbagai daerah bahkan dari pulau Jawa. Melihat proyek konstruksi bangunan tinggi dimana mana dan tidak terfokus pada satu bagian wilayah kota membuat kota Makassar benar-benar jauh dari penghijauan. Asap tebal dari perbaikan jalan, debu yang dihasilkan proyek konstruksi serta hawa panas yang semakin hari semakin tinggi di Makassar membuat go green yang selalu diterapkan di berbagai kampanye pemerintahan dipertanyakan. Masyarakat tidak boleh hanya mengharapkan dan berkoar untuk pertanggungjawaban pemerintah atas keadaan ini karena sebenarnya masyarakat sendiri yang memberikan konstribusi besar atas apa yang terjadi di kota Makassar. Asap polusi kendaraan pribadi dari masyarakat adalah salah satu akibat yang ditimbulkan oleh masyarakat sendiri sehingga peran serta masyarakat memang dibutuhkan.
Makassar berkebun sendiri terilhami dari Indonesia Berkebun yang dilakoni oleh masyarakat di Jakarta dalam rangka HUT Jakarta yang ke- 483 yang bertemakan “Jakarta HIjau” yang didalamnya bukan pemerintah atau pejabat yang berperan namun masyarakat yang dapat menciptkan lingkungan yang sehat. Ridwan Kamil seorang arsitek yang disain green cities-ny bertebaran di Singapore, Vietnam, Beijing dan Jakarta adalah komandan dari Indonesia Berkebun. Menggalakkan kegiatan yang membutuhkan begitu banyak pemeran dan dukungan sangat sulit jika bukan seseorang yang memiliki nama yang dikenal dan punya pengaruh besar contohnya artis yang dijadikan ikon di organisasi pbb misalnya untuk mendapat respon yang banyak dari masyarakat, begitu pula Ridwan Kamil yang dikenal dapat mempengaruhi banyak orang untuk menciptakan lingkungan yang sehat di Jakarta. Jika kita browsingdi google dengan topic berkebun ternyata sudah banyak penyuluhan berkebun bertebaran dimana mana diadakan oleh organisasi-organisasi pecinta tanaman untuk menciptakan masyarakat yang mengenal cara berkebun, responsinya banyak tapi jika dibandingkan iklan google-nya “Indonesia Berkebun” membuat banyak mahasiswa khususnya tergerak untuk menciptakan lingkungan yang sehat di kotanya masing-masing.
Gardening is a good recreation … ungkapan ini saya buat karena memang berkebun membuat pikiran saya yang stress menjadi rileks karena dikelilingi oleh hehijauan yang segar. Kegiatan saya hanya memindahkan bibit yang sudah besar ke pot agar siap dijual, satu pot menghabiskan waktu kurang lebih 2 menit  dalam satu jam saya bisa memindahkan bibit ke pot yang lebih besar sebanyak 30 pot. Kegiatan ini monoton memang tapi membuat saya ketagihan dan terus menerus mengerjakan hal yang sama tiap kali saya stress tungguin dosen di kampus. Kegiatan berkebun merupakan hobi almarhum Ayah yang sudah meninggal beberapa bulan lalu, dulu saya lihat kegiatan ini membuat badan letih, keringat dan kulit menjadi gosong karena banyak menghabiskan waktu di bawah sinar matahari tetapi setelah saya lakoni berkebun menjadi kegiatan rekreasi saya yang baru.
Awalnya gonta-ganti display image di BBM dengan latar tanaman dan kegiatan pemindahan bibit ke pot hanya untuk sekedar mengiklankan kegiatan baru saya tetapi teman ada merekomendasikan untuk ikut join di Indonesia Berkebun. Awalnya di di tag di twitter saya gag tau Indonesia Berkebun itu apa setelah googling ternyata kegiatan berkebun yang diperankan masyarakat untuk merubah lahan tidak produktif di Jakarta menjadi lahan yang dapat ditanamai sayuran membuat saya senang karena masyarakat akhirnya mau ikut berperan serta demi menuju Indonesia yang sehat.
 
Mari kita awali dengan berkebun di lahan sendiri, halaman rumah yang tidak luas dapat kita tanami berbagai tanaman untuk membantu penghijauan. Tidak tahu cara berkebun mari belajar di berbagai penyuluhan yang diselenggarakan organisasi-organisasi pecinta tanaman agar tahu cara menanam yang baik dan benar serta tahu jenis-jenis tanaman dan media tumbuh tanaman. Untuk biaya yakin semuanya terjangkau dan kita semua jadi dapat pengalaman berharga dan memgenal jenis tanaman tropis Indonesia.
Guys play caro versus friend on your blackberry is challenging but what’s the trophy? Farmville on facebook is fun when you harvest bunch of orange but it’s only game you don’t eat it for real. Gardening is real facing plant and make it grow till it can produce oxygen for your life and sure for your children. Sure you get sweat and I can promise you the fun plus you can make your environment health.
Like this post means you support us to join gardening for life and wait for the daily event on a week.
Sumber : http://nuaritafebrina.blogspot.com/2011/10/makassar-berkebun.html

2 comments

  1. muhammad aris

    thanks infonya gimana caranya bisa join ma makassar berkebun

    1. mksrberkebun

      Bisa dilihat di halaman registrasi di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>