«

»

Nov 30

Indonesia Berkebun Conference 2013 (Part IV)

Penulis : Indah Yuniarty

Minggu, 17 November 2013

Tak terasa sampai juga di hari terakhir #IDBerkebunConf. Berat rasanya mengakhiri kegembiraan acara ini. Saling berpisah satu sama lain dan kembali ke kota masing-masing untuk kembali berkutat dengan kebun masing-masing berbekal ilmu dan pengetahuan baru tentang berkebun di kota dan juga dengan secercah harapan agar hastag yang bertebaran dapat segera terealisasi. Seperti kata Mbak Indri, “Sesungguhnya hastag itu adalah doa”. Atau kata beberapa penggiat lainnya,“percuma ada Hastag kalau tidak jadian” lalu dilanjut “jangan mau diajak jadian kalau tidak diajak nikah”. Ya, kita tunggu saja kabar kelanjutan hastag tersebut!

Setelah mandi dan packing, seluruh peserta pun berkumpul di ruang makan untuk sarapan dan bersiap-siap untuk berangkat. Lalu disela-sela sarapan Ibu Ida Amal meminta perhatian dari seluruh peserta karena ada satu hal yang belum sempat disampaikan. Dan ternyata hal inilah yang sudah dinanti-nantikan dan beberapa kali sempat dihembuskan gosipnya oleh para penggiat Makassar dari satu mulut ke telinga peserta yang lain. Penentuan tuan rumah konferensi selanjutnya. Beberapa kota telah diajukan seperti Medan, Makassar, Bandung dan Palembang. Alhamdulillah, setelah diadakan voting dan melihat antusiasme penggiat Makassar. Konferensi Indonesia Berkebun 2014 ditetapkan akan diadakan di Makassar. Yeayyy.. Mission completed!

Pagi ini seluruh peserta mulai meninggalkan BITDEC untuk menuju ke lokasi acara Bali Community day 2013 (#BaliCommDay13) di Desa Budaya Kertalangu. Menjelang pukul 9 kami pun berangkat dengan total 3 bus dan 1 mobil panitia. Perjalanan sedikit terganggu, karena jalan keluar dari wilayah BITDEC ini sangat sempit sementara ukuran bus yang kami tumpangi cukup besar. Jika berpapasan dengan mobil dari arah seberang, kita harus mengambil sisi jalan yang saat itu sementara diperbaiki. Bus yang saya tumpangi sempat terperosok namun berhasil lolos tetapi meninggalkan bekas ban yang sangat dalam di pinggir jalan. Tak lama berselang, insiden pun terjadi. Bus terakhir kembali masuk dan terperosok di lubang bekas ban yang bus kami buat. Bodi bus yang besar dan bebannya yang cukup berat tidak mampu membuat bus itu keluar dari lubang tersebut. Berbagai upaya dilakukan untuk mengeluarkan bus namun tidak berhasil. Termasuk dikerahkannya peserta untuk mendorong bus.

Setelah saya dan panitia lainnya melakukan diskusi kecil, kami memutuskan untuk melanjutkan perjalanan ke Kertalangu dan bus yang kami tumpangi kembali untuk menjemput peserta di bus yang terkena musibah tersebut. Lebih kurang 2 jam lamanya para peserta tiba di Kertalangu.

Bali Community Day 13

Acara ini merupakan kegiatan tahunan bagi komunitas-komunitas yang ada di Bali. Berisi booths dari komunitas yang berpartisipasi dan sebuah panggung untuk perhelatan acara utama. Indonesia Berkebun pun turut mengisi booth untuk memajang baju dan merchandise setiap kota. Di panggung utama, selain Kang Shafiq yang membawakan materi untuk kelas Akademi Berbagi, teman-teman Indonesia Berkebun juga kembali memeriahkan panggung dengan Goyang Caesar yang dipimpin oleh Man of the Match, Mas Sigit.

Siang menjelang, beberapa peserta sudah harus kembali ke kota masing-masing, sebagian masih ingin berpencar diseputar Kuta dan Legian untuk mencari penginapan karena baru akan meninggalkan Bali esok harinya. Sebelum benar-benar berpisah kita berkumpul di belakang panggung dan saling bersalaman dan tentu saja berfoto bersama. Tampak jelas rona kesedihan dan ketidakrelaan di wajah para peserta. Yah, rasanya sedih sekali harus berpisah, rasanya 3 hari bersama ini tak cukup untuk saling berbagi. Semuanya berpisah dan salam-salaman sambil saling berjanji untuk bertemu di konferensi berikutnya.

Bus yang kami tumpangi pun bergerak menuju Central Park. Dan untuk pertama kalinya saya melewati jalan tol Bali yang melintasi lautan. Menakjubkan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>