«

»

Nov 13

Acara Tanam Perdana

Kegiatan menggemburkan dan menanam di lapangan Bosowa Tanjung Bunga Makassar. Kegiatan ini sebagai upaya menghijaukan Kota Makassar.

Kegiatan menggemburkan dan menanam di lapangan Bosowa Tanjung Bunga Makassar. Kegiatan ini sebagai upaya menghijaukan Kota Makassar.

Tanggal yang keramat. Namun merupakan loncatan perdana kami. Setelah lebih kurang 2 minggu menggarap lahan. Mulai dari membuat bedengan,pagar pembatas,pondokan,memasok listrik dan air ke kebun. Di tanggal 13 November inilah kami anggap mulai cukup untuk kami tanam perdana. Secara fisik kami dari Makassar Berkebun mengerjakan bedeng-bedeng saja. Selebihnya kami di fasilitasi dan di bantu oleh pihak Bosowa Corporation.

Hari minggu yang cerah dan sangat tepat untuk kami hias dengan acara tanam perdana. Pukul 6 pagi di kebun telah tampak beberapa penggiat yang sibuk merapikan beberapa bedengan yang selama 2 minggu ini kita buat. Lebih kurang 12 bedeng siap tanam telah tersedia untuk di tanami. Dan berbekal bibit yang dibawa oleh beberapa penggiat, kami menanami 12 bedeng itu dengan Jagung, Kangkung, Bayam, Kacang Panjang dan Selada.

Pukul 7 pagi kebun mulai ramai,kurang lebih ada sekitar 50 orang. penggiat – penggiat Makassar Berkebun, komunitas – komunitas kreatif di Makassar, warga Makassar yang tertarik untuk berkebun, wakil dari Bosowa Corporation serta Camat setempat turut hadir dan membuka acara tanam perdana Makassar Berkebun. Menjelang pukul 09.00 pagi acara tanam perdanapun dibuka resmi oleh bapak Camat. Dan secara berturut-turut tanam perdana pertama dilakukan oleh Pak Camat,Wakil dari Bosowa Corporation, Ketua Makassar Berkebun serta Wali Kebun. Lalu kemudian dengan arahan dari rekan-rekan Penggiat Makassar Berkebun, warga serta komunitas yang hadir dibantu untuk menanam di setiap bedeng yang telah tersedia.

Meski terik mentari mulai menyengat hal itu tidak membuat surut niat kami untuk berkebun. Finally. 4 bedeng terisi bibit jagung, 1 bedeng selada, 1 bedeng Kacang Panjang, 3 bedeng Kangkung, 3 bedeng Bayam berhasil kami tanam pagi ini. Dan semoga 2-3 minggu ke depan apa yang kami tanam dapat kami petik bersama lagi nanti.  amin.

Kedepannya setiap hari kita akan membuat piket atau giliran menyiram dan memelihara kebun. Dan pada akhir pekan atau hari Minggunya kita akan sama-sama berkumpul di kebun. Untuk teman-teman yang belum bergabung dan masih berminat untuk bergabung, kami masih tunggu partisipasi kalian. Dan bersama-sama ki hijaukan Makassar.

2 comments

  1. Ndrie

    Syp yg tulis artikel ini? kasi credit tawwa yang nulis syp 😀

  2. Ndrie

    ooh.. adami diatas di’ (tukangkebun) sori nda liat 😀
    well done pak ketu! 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>